Istilah-Istilah Tentang Dunia Pendidikan Saat Ini : Pendidikan Jaman NOW

Istilah-Istilah Tentang Dunia Pendidikan Saat Ini : Pendidikan Jaman NOW

Salam Hangat dan Hormat.

Setiap tahun Gaung dunia pendidikan Indonesia semakin membuat masyarakat memahami mengenai dunia pendidikan. Hiruk pikuk yang terjadi pun beragam. Penilaian negatif pun tak lepas kepada guru yang menjadi tokoh utama dunia pendidikan.

Banyak informasi yang menyasar guru sebagai konsumennya. Beberapa diantaranya dengan tujuan baik dan lainnya untuk mengeruk keuntungan pribadi. Guru setiap waktu kian cerdas menghadapi informasi yang diterimanya. Saya ilustrasikan sebagai berikut;

1. Pemberitaan mengenai pengangkatan guru non pns menjadi PNS/ASN menjadi hal yang tetap laris manis di goreng dan disajikan oleh beberapa pihak yang tidak bertanggung jawab. Setelah itu, Pola pikir guru yang menerima informasi tersebut terus-menerus paham bahwa informasi yang ditebar di dunia maya tidak semuanya benar. Semua itu butuh pemahaman dan pengalaman untuk melakukan seleksi terhadap berita yang diterima mengenai kebenarannya.

Istilah Honorer yang disematkan kepada guru sebagai pembeda antara PNS dan Non. Menjadikan masalah yang tak berujung dan sering mengakibatkan gesekan sosial antara satu sama lain.

2. Informasi Berhubungan dengan Kurikulum dan Perangkat guru. Untuk mengembangkan kompetensinya seorang guru kembali berubah peran seperti peserta didik yang terus belajar dengan perubahan-perubahan secara cepat. Kompetensi guru pun ditingkatkan baik secara mandiri maupun pelatihan melalui program pemerintah.

Namun, Keadaan yang terjadi di lapangan. Membuat beberapa tenaga pendidik terkadang kebingungan dalam mengembangkan kompetensinya. Kesulitan dalam mendapatkan tutor langsung dan pembinaan intensif membuat beberapa orang mencari kemudahan dengan membeli Perangkat pembelajaran, Membeli Aplikasi berhubungan dengan kurikulum dan lain sebagainya.

3. Sertifikasi guru : Secara sederhana sertifikasi guru pada tahun pertamanya periode tahun 2007-2008 guru dengan bangga mendokumentasikan fortofolio mengenai kegiatan mengajarnya, mengenai tugasnya dan lain sebagainya. Kompetensi pertama yang dinilai dahulu kelengkapan berkas dan masa kerja. Wah... sebuah penghargaan tinggi kepada guru saat itu.

Kini, Guru disasar menjadi orang yang memiliki segudang ilmu dan dituntut berpendidikan tinggi Sampai harus ke Magister dan S2. Setelah itu, masa sebelumnya yang dilalui guru dalam dunia pendidikan telah dilupakan melalui aturan-aturan baru yang gencar diperuntukkan bagi guru tanpa pandang bulu.

Guru sebuah profesi yang diarahkan dengan kepentingan, tanpa tahu banyak guru yang bertaruh kehidupan dan masa depannya.

Ketiga hal tersebut masih menjadi Poin penting, sebagai informasi yang dinikmati guru setiap hari.

Istilah-istilah yang behubungan dengan dunia pendidikan terutama guru sebagai berikut:

1. Sertifikasi :
2. PPG :
3. SIM PKB
4. RPP/ KKM /. Silabus
5. Perangkat Mengajar
6. Info Gtk
7. NRG
8. NUPTK
9. Honorer
10. PNS/ASN

Istilah – istilah di atas memang sebagian besar kita pahami. Di lain waktu dan kesempatan akan admin paparkan pemahaman bagi istilah-istilah tersebut. Semoga guru di Indonesia terus menjadi manusia unggul dan berjuang meningkatkan kompetensi dan mampu mencari peluang lain dalam pemenuhan kebutuhan hidupnya dengan cara yang baik.




Hormat saya kepada semua rekan-rekan guru se-Indonesia.

Admin/Penulis

Subscribe to receive free email updates: