Cara Menulis Teks Deskripsi MAPEL Bahasa Indonesia Kelas 7 - Halley Kawistoro

Latest

Blog Pribadi Sebagai Sarana Informasi mengenai Bahasa Indonesia Berupa Karya sastra Puisi Dan Cerita Pendek. Serta Berbagi Informasi dunia Pendidikan, Umum, kesehatan dan Berita.

04 March 2018

Cara Menulis Teks Deskripsi MAPEL Bahasa Indonesia Kelas 7


Cara Menulis Teks Deskripsi Beserta Contohnya Dalam Bahasa Indonesia Kelas 7
Salam Hangat dan Hormat
Bagi Pembaca dan Pengunjung Blog ini.
Kesempatan kali ini, Penulis akan mengulas mengenai Teks deskripsi dengan pemahaman yang dimiliki dan bisa menjadi salah satu referensi bacaan bagi anda semua.
Teks Deskripsi merupakan salah satu jenis teks yang ada dalam pembelajaran Bahasa Indonesia. Secara Sederhana Teks deskripsi adalah Teks yang memaparkan sesuatu dengan sangat terperinci. Pemaparan dalam teks deskripsi diuraikan dengan teliti berdasarkan pengamatan/peristiwa dari penulisnya. Mendeskripsikan juga bermakna menjelaskan secara terperinci terhadap sebuah objek/keadaaan. Teks deskripsi secara lisan bisa diartikan menyampaikan sesuatu keadaan/peristiwa berdasarkan apa yang dilihat? Apa yang didengar? Apa yang dirasakan?
Untuk lebih jelas bisa anda lakukan dengan mencari referensi dari Pendapat Para ahli bahasa atau membuka pengertiannya di Kamus Besar Bahasa Indonesia.
Berikut Contoh Teks deskripsi dengan Tema Sekolah:
Sekolahku yang Asri
Sekolahku bernama SMP Negeri 28. Letaknya di pinggiran lumayan jauh dari perkotaan. Kebun karet dan semak belukar menghiasi tepian jalan. Pemukiman desaku lumayan jauh. Aku tempuh perjalanan sejauh kurang lebih 3 km. Jam 07.00 Pagi aku dan teman-teman beramai-ramai dari desa menuju sekolah dengan udara sejuk setiap hari. Bila hujan menyertai, kami kesulitan untuk pergi.
Gapura sekolah tampil kokoh menyambut kami setiap pagi. Rerumputan hijau dilapangan. Pohon sawit yang berbaris berjarak 5-6 meter memberi kekhasan Sekolahku. Taman Sekolah mempecantik dengan berbagai jenis tanaman dan bunga. Ruang-ruang kelas telah terbuka untuk kami masuki. Sampah sisa pelajaran kemarin masih ada yang tertinggal. Petugas piket pun, membersihkannya dengan perasaan senang tanpa terbebani. Jam 07.30 lonceng jam pertama dimulai.
Setiap hari aku senang belajar dalam kelas yang berwarna Biru dan Putih. Foto pemimpin negara terpasang rapi. Lambang pancasila, burung garuda juga menghiasi. Kegiatan belajar di kelas juga terasa menyenangkan. Kursi dan meja berjajar rapi dengan jumlah siswa 25 orang kurang lebih setiap kelasnya. Aku sering berdiri menatap jendela saat pergantian guru terjadi. Ku memandang keluar melihat setiap sisi memandangi sekolah ku yang asri. Keasrian nya berkat semua siswa mau berjanji untuk menjaga sekolahnya. Menyirami tanaman dan membuang sampah pada tempatnya. Kelelahan berganti dengan semangat karena melihat sekolahku yang ASRI.  
Contoh diatas bisa dijadikan referensi untuk penugasan mengenal teks deskripsi. Berdasarkan Teks deskripsi di atas bisa dijadikan lembar kerja Siswa. Anda pun bisa membuat teks deskripsi sendiri.
Berikut langkah kerjanya untuk penugasan peserta didik.
Tugas
Lengkapilah teks berikut ini dengan kalimat dan kata yang tepat ?
Sekolahku yang Asri
Sekolahku bernama (.............................). Letaknya di (..........................). Kebun karet dan semak belukar menghiasi tepian jalan. Pemukiman desaku lumayan jauh. Aku tempuh perjalanan sejauh (...................). Jam 07.00 Pagi aku dan teman-teman beramai-ramai dari desa menuju sekolah dengan udara sejuk setiap hari. Bila hujan menyertai, kami kesulitan untuk pergi.
Gapura sekolah tampil kokoh menyambut kami setiap pagi. (.......................) hijau dilapangan. Pohon sawit yang berbaris berjarak 5-6 meter memberi kekhasan Sekolahku. Taman Sekolah mempecantik dengan berbagai jenis tanaman dan bunga. Ruang-ruang kelas telah terbuka untuk kami masuki. Sampah sisa pelajaran kemarin masih ada yang tertinggal. Petugas piket pun, membersihkannya dengan perasaan senang tanpa terbebani. Jam (.............) lonceng jam pertama dimulai.
Setiap hari aku senang belajar dalam kelas yang berwarna(....................). Foto pemimpin negara terpasang rapi. Lambang pancasila, burung garuda juga menghiasi. Kegiatan belajar di kelas juga terasa menyenangkan. Kursi dan meja berjajar rapi dengan jumlah siswa (.........................) setiap kelasnya. Aku sering (.................) jendela saat pergantian guru terjadi. Ku memandang keluar melihat setiap sisi sekolah ku yang asri. Keasrian nya berkat semua siswa mau berjanji untuk menjaga sekolahnya. (................) tanaman dan membuang sampah pada tempatnya. Kelelahan berganti dengan semangat karena melihat sekolahku yang ASRI. 
Contoh diatas bisa dijadikan referensi untuk penugasan mengenal teks deskripsi. Berdasarkan Teks deskripsi di atas bisa dijadikan lembar kerja Siswa.
Anda pun bisa membuat teks deskripsi sendiri. Teks deskripsi tersebut berdasarkan keadaan sebenarnya di Instansi anda.
Penugasan berupa lembar kerja bagi siswa untuk melengkapi Kata. Bila kemampuan anak tinggi. Lembar Kerja di ubah menjadi “melengkapi teks dengan kalimat”.
Semoga Artikel ini bermanfaat bagi anda yang berprofesi sebagai guru Mata Pelajaran Bahasa Indonesia dan dicoba dengan kretivitas yang dimiliki. Sedangkan bagi anda pembaca lainnya bisa dijadikan informasi mengenai pelajaran bahasa Indonesia.
Artikel Terkait Pelajaran Bahasa Indonesia :

Jadilah seorang manusia yang terus belajar disertai dengan kerja keras untuk hasil yang lebih baik.

Semoga bermanfaat
Hormat Saya
Penulis

No comments:

Post a Comment

loading...
//