Resolusi Diri Tahun 2018 Untuk Masyarakat Indonesia Lebih Baik - Halley Kawistoro

Latest

Blog Pribadi Sebagai Sarana Informasi mengenai Bahasa Indonesia Berupa Karya sastra Puisi Dan Cerita Pendek. Serta Berbagi Informasi dunia Pendidikan, Umum, kesehatan dan Berita.

04 January 2018

Resolusi Diri Tahun 2018 Untuk Masyarakat Indonesia Lebih Baik

Resolusi Diri tahun 2018 Untuk Masyarakat Indonesia Lebih Baik
Oleh Halley Kawistoro
Salam hangat dan hormat untuk pembaca dan pengunjung sekalian.
Berikut sebuah tulisan yang sekadar menjadi Opini tentang bagaimana kita menghadapi tantangan sebagai masyarakat dan warga di Indonesia.
Resolusi Tahun 2018 Oleh Halleykawistoro.blogspot.com
Waktu telah berganti ditandai dengan kemeriahan di berbagai negara. Indonesia dengan keragaman etnis, suku, bahasa dan agama menjadikan momen pergantian tahun sebagai ajang berkumpul dan menjalin silahturahmi. Semuanya dikembalikan kepada indvidu masing-masing bila diperadukan dengan perbedaan pandangan dan keyakinan.
Tantangan yang dihadapi oleh masyarakat Indonesia di tahun 2018 semakin banyak. Keadaan ekonomi yang sangat terasa di kalangan masyarakat bawah. Dunia pendidikan juga dihadapkan dengan tantangan perkembangan ilmu pengetahuan yang bersumber dari teknologi. Semua semakin pesat disebabkan dari dunia digital yang memberikan informasi up-to date setiap detiknya. Selanjutnya, dari sosial dan agama terus digempur dengan pandangan-pandangan yang memodifikasi aturan konvensinal yang berlaku saat ini.
Saat semuanya mengalami distorsi yang tidak teratur. Masyarakat indonesia harus mampu secara individu dan secara kelompok kecil dalam lingkup keluarga dituntut untuk memfilter informasi dengan kemampuan berfikir yang positif. Pemikiran-pemikiran apatis pun muncul dan berkembang. Setelah itu, menjadi solusi yang bersifat destruktif bagi kelangsungan bermasyarakat. Gesekan-gesekan yang disebabkan perbedaan pandangan sosial dan agama pun  menjadi konsumsi sehari-hari. Peran media elektronik dan informasi digital pun berperan aktif memicu ketidakpercayaan di kalangan individu atau kelompok masyarakat tertentu. Untuk itu ada bebeberapa hal yang bisa kita lakukan sebagai resolusi di tahun 2018 ini.
Mencari peluang ekonomi
Poin pertama ini menuntut kita menjadi sosok kreati di tengah keadaan ekonomi yang sulit. Pemanfaatan teknologi digital yang menyeluruh bisa menjadi peluang ekonomi yang tampak dan bisa dilakukan siapa saja. Kreatif juga bisa memanfaat untuk menjadi cara mencari peluang. Pengolahan barang bekas di sekitar, Membentuk komunitas kelompok UKM usaha kecil menengah, mengembangkan kemampuan individu dibidang jasa, dan bercocok tanam mandiri.
Peluang ekonomi yang bersumber dari pengolahan barang bekas sudah jadi hal yang bisa ditemui dalam kehidupan sehari-hari. Seperti mengumpulkan sampah plastik dan lainnya yang di daur ulang baik mandiri atau dijual kepada pengepul untuk mendapatkan nilai ekonomi dan menjadi sumber penghasilan alternatif.
UKM juga merupakan alternatif cara untuk mencari tambahan ekonomi. Pemerintah Indonesia mendukung beragam program UKM dari berbagai sektor. Usaha rumah tangga, usaha kelompok tani atau pengajuan bantuan usaha kecil lainnya menjadi pilihan alternatif yang bisa dipilih untuk dilanjutkan sebagai mencari tambahan penghasilan.
Mengembangkan kemampuan individu terutama di bidang jasa juga telah jadi sasaran bagi pencari kerja lepas. Bidang Transportasi online di kota-kota besar juga memberi masukan penghasilan bagi individu yang siap menggelutinya. Bidang penjualan online juga kian marak. Penjualan aplikasi, tempat pembayaran online, dan kuliner online juga ditawarkan dengan variasi yang beragam. Saati itu anda bisa memberikan jasa penawaran kepada konsumen dengan menggunakan alat smartphone dan hnaphone anda sendiri. Mencari informasi terkait dengan berselancar di dunia maya dengan analisa minat anda kepada apa yang ingin anda tawarkan. Saat anda memiliki modal. Anda akan menjadi penjual langsung. Kalaupun tidak, anda bisa menjadi agen penjualan. Untuk menambah penghasilan anda.
Keadaan ekonomi di Indonesia yang dipengaruhi ekonomi dunia juga membuat kemampuan daya beli di masyarakat semakin berkurang. Untuk itu dengan menjadi pribadi yang bercocok tanam mandir merupakan alternatif lainnya dalam memenuhi kebutuhan pangan sehari-hari dan mengurangi pengeluaran. Bercocok tanam cabai, bawang, dan bumbu dapur menggunakan media pot, polibek atau hidroponik bisa membantu mengurangi pengeluaran sehari-hari. Selain itu juga, bila berhasil anda akan bisa meningkatkan hasil produksi yang kemudian bisa anda jual. Pengaruh kepemilikan lahan yang anda punya juga menentukan arah yang akan anda ambil. Apakah anda hanya bisa mengurangi pengeluaran atau bisa menambah penghasilan dengan bercocok tanam mandiri.
Beberapa cara di atas hanya beberapa diantara pilihan lainnya untuk meningkatkan ekonomi anda ditengah keadaan ekonomi yang sulit.

Menguatkan landasan sosial dan beragama
Landasan sosial dan agama menjadi isu yang kian ramai. Hiruk-pikuk perbedaan pandangan tersebut menjadi hal yang menyebabkan perpecahan. Nilai-nilai persatuan telah mulai digerogoti oleh perbedaan yang di blow up dengan bungkus kebebasan berpendapat. Penanaman nilai pancasila semakin di salah artikan dan agama pun di salah tafsirkan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab.
Oleh kerena itu, sebuah pemahaman individu sangat penting untuk menguatkan hubungan sosial dan toleransi agama. Landasan sosial dkembalikan lagi kepada slogan “bhineka tunggal ika” serta pemahaman beragama dipahami sebagai keyakinan individu dengan berpegang nilai-nilai kebaikan dan kasih sayang. Setiap agama mengajarkan kebaikan. Toleransi yang baik adalah tidak melanggar, mengkaji agama lainnya sebagai kajian ilmu. Artinya kajian yang dimiliki keyakinan agama lain jangan dibahas bila tidak memiliki kapasitas yang cukup. Agama merupakan sebuah landasan yang telah jelas dan tidak bisa di ubah oleh pemeluknya. Dengan kata lain, sebagai individu hal yang pertama dilakukan cukup beribadah dengan taat. Penguatan ketaatan beribadah merupakan PR setiap individu dan memahami kekuatan landasan sosial juga dibentuk dari pribadi yang taat dalam beribadah.
Kekuatan negara Indonesia dibentuk oleh keragaman, oleh pribadi yang taat beribadah, dan memahami pentingnya hubungan sosial antara setiap manusia.
Memahami aturan yang berlaku
Nagara Indonesia adalah negara yang berdasar hukum. Kebudayaannya yang beragam juga memiliki adat istiadat yang menjadi aturan dalam masyarakatnya. Dengan demikian, Negara Indonesia memiliki aturan-aturan yang tertulis atau tidak tertulis.
Pemahaman akan sebuah aturan yang berlaku menjadikan anda sebagai sosok pelopor dan panutan bagi lainnya. Pada tahun 2018, pengetahuan mengenai aturan-aturan yang berlaku sangat diperlukan. Jangan sampai muncul slogan “aturan dibuat untuk dilanggar”. Sebuah orientasi yang menyimpang jika anda memposisikan diri anda sebagai pelanggar aturan. Anda akan menerima sanksi dan pidana bila menjadi pelanggar aturan.
Secara sederhana, bentuk aturan yang berlaku saat ini yang bisa menjerat siapa saja adalah uu tentang penggunaan teknologi,  ujaran kebencian, dan menyebarkan berita hoax/palsu. Pemanfaatan media sosial yang menyimpang juga bisa menjadi penyebab utama kita menjadi pelanggar aturan.
Patuhi aturan yang berlaku sehingga anda akan nyaman dan tentram dalam setiap aktivitas sehari-hari.
Menjaga keragaman dalam masyarakat
Tahun 2018 juga menjadi proses instrospeksi bagi setiap individu masyarakat indonesia menjalin silahturahmi dan ukhuwah antara sesama manusia. Menjaga keragaman dalam setiap perbedaan yang ada di Indonesia sangat penting dilakukan. Sesuai pesan yang disampaikan oleh Pancasila. Menjaga persatuan dan kesatuan dalam sila ketiga dan dilanjutkan dengan musyawarah untuk mufakat. Menciptakan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.
Perbedaan-perbedaan yang dihembuskan sebagai sarana untuk kepentingan segelintir pihak harus dicermati dengan kehati-hatian. Anda harus menjadi sumber informasi yang benar dan sahih. Memberitahukan kebenaran suatu berita atau fakta yang terjadi dan berkembang dalam masyarakat.
Masyarakat yang menkonsumsi informasi yang tidak benar/hoak ataupun isu menajdi sasaran empuk untuk diprovokasi. Untuk itu, dalam sebuah keluarga jadilah sumber informasi yang terbarukan dan menjadi penengah dalam setiap perbedaan.
Menjaga keragaman dalam masyarakat seperti sebuah pribahasa, pesan moral dan slogan. “Masalah besar dikecilkan, masalah kecil dihilangkan” dengan cara sederhana ini kita bisa menjaga keragaaman tanpa menimbulkan masalah baru yang tidak bermanfaat.
Mengolah Informasi dengan bijak
Seperti tulisan diatas sebelumnya. Informasi di saat ini bersumber dari banyak arah. Banyak juga informasi yang tidak berdasar dan bersumber jelas. Ada juga, informasi yang berdasar namun disampaikan dengan cara memprovokasi orang lain.
Untuk itu, anda harus memposisikan diri dengan bijak. Dimana anda berada? Sebagai siapa anda? Dan bagaimana cara anda menyikapi? Setiap informasi. Menjadi bijak adalah dengan diam dan tidak terpengaruh akan informasi yang mengadu domba dan menyesatkan. Bijak dalam menyampaikan serta mengolah informasi dengan tepat berdasarkan tujuan dan fakta yang ada.
Menjadi pribadi yang selalu berfikir positif
Setelah itu saat ini anda harus menjadi pribadi yang selalu berfikir positif akan setiap keadaan yang dihadapi. Positif dalam setiap tindakan dan tutur kata. Positi dalam menjaga perbedaan. Positif dalam pergaulan. Positif dalam menyampaikan informasi. Serta positif dalam lingkungan sekitar dan bermasyarakat.
Positif yang dimaknai dengan “Kebenaran, Kebaikan, dan tepat”. Menentukan dimana anda akan berdiri di tempat tertinggi dengan manfaat yang dipetik bagi orang lainnya. Berfikir positif akan menjadikan anda orang yang bahagia di tengah keadaan yang tidak menentu.
Menjadi pribadi yang bermanfaat bagi lainnya
Beberapa resolusi diatas menjadikan poin terakhir ini sebagai penutup untuk anda lakukan. Seorang manusia akan meninggalkan nama pada akhir kehidupannya. Kebermanfaatan seorang manusia akan menentukan pribadinya sebagai orang yang akan dikenang atau menjadi orang yang dilupakan. Bukan hanya itu saja. Kebermanfaatan seorang manusia tidak didasarkan dari statusnya, namun berdasar dari apa yang telah dilakukan bagi manusia lainnya.
Keenam resolusi diatas bukan hal yang mutlak untuk anda lakukan di tahun 2018 ini. Namun, tidak ada salahnya anda mencoba untuk melakukan  salah satunya. Kehidupan tidak akan berubah. Kecuali anda mengubahnya sendiri. Setiap langkah dan perbuatan akan dipertanggungjawabkan. Menjadi lebih baik dari sebelumnya dibutuhkan usaha dan kerja keras. Mulailah saat ini dan lakukan sekarang juga.Selamat Mencoba.
Hormat saya,

Penulis

No comments:

Post a Comment

loading...
//