Pelajaran Materi Pidato Dalam Bahasa Indonesia - Halley Kawistoro

Latest

Blog Pribadi Sebagai Sarana Informasi mengenai Bahasa Indonesia Berupa Karya sastra Puisi Dan Cerita Pendek. Serta Berbagi Informasi dunia Pendidikan, Umum, kesehatan dan Berita.

21 January 2018

Pelajaran Materi Pidato Dalam Bahasa Indonesia

Pelajaran Materi Pidato Dalam Bahasa Indonesia
Salam hangat dan hormat kepada pembaca sekalian.
Kesempatan kali ini saya halley kawistoro akan mengulas sedikit mengenai salah satu keterampilan berbicara yaitu Pidato. Selamat Membaca.
Salah satu kegiatan berbicara dalam pembelajaran bahasa Indonesia baik yang diajarkan oleh guru dan peserta didik adalah kegiatan Berpidato.
Pengertian Pidato
Pidato merupakan kegiatan berbicara yang dilakukan di hadapan khalayak ramai dengan tujuan agar informasi yang disampaikan dapat didengar dan dipahami. Informasi yang ada dalam pidato meliputi ; Pengetahuan, pesan, berita dan sebagainya. Pidato juga dilakukan dengan melihat dan mengetahui siapa yang akan mendengarkan isi pidato. Untuk itu, pidato disampaikan dengan cara mempertimbangkan audiens nya.
Tokoh nasional yang ulung dalam berpidato salah satunya adalah Presiden RI yang pertama yaitu Bapak Ir. Soekarno. Kemampuan nya dalam berpidato bisa membangkitkan semangat para pendengarnya. Pidato yang biasanya berisi ajakan juga sangat dipengaruhi oleh kemampuan orang yang menyampaikan Pidato.
Contoh Pidato Tema Kebersihan Lingkungan di Sekolah ;
Selamat siang para hadirin sekalian. Puji Syukur Kita panjatkan kehadirat Allah S.W.T Tuhan yang maha Esa. Berkat rahmat dan limpahan nikmat yang kita terima berupa kesehatan, rezeki dan waktu luang. Semoga pada kesempatan ini banyak manfaat yang kita terima bersama.
Hadirin yang saya hormati dan muliakan. Kebersamaan kita saat ini bisa berkumpul di ruangan ini dalam kegiatan gotong royong membersihkan lingkungan sekolah telah kita laksanankan bersama.
Seperti kita ketahui bersama. Kebersihan merupakan sebagian dari iman. Kebersihan juga sebagai simbol kesehatan. Lingkungan yang kita tempati tentunya harus memberikan rasa nyaman. Rasa nyaman tersebut bisa terwujud dengan salah satunya yang bisa kita raih dengan menjaga kebersihan.
Kebersihan Lingkungan di sekolah akan menghadirkan rasa nyaman. Kebersihan tersebut meliputi. Kebersihan di dalam kelas, kebersihan kamar mandi/ wc, serta kebersihan taman yang merupakan wujud dari lingkungan sekolah ini.
Hadirin sekalian, Sebagai warga sekolah yang baik. mulai saat ini kita semua harus menjaga lingkungan sekolah untuk menghadirkan kenyamanan dalam kegiatan belajar. Cara yang bisa kita lakukan adalah dengan tidak membuang sampah sembarangan, menyiram wc setelah digunakan serta membersihkan kelas berdasarkan daftar piket yang telah disepakati. Lingkungan yang Bersih merupakan kewajiban dan tanggung jawab kita bersama untuk kita jaga.
Hadirin sekalian saya mewakili panitia pelaksana mengucapkan terima kasih atas partisipasinya dalam kegiatan gotong royong ini. Demikianlah pidato sederhana ini sebagai bentuk pengharagaan yang setinggi-tingginya untuk semua yang terlibat. Atas waktu dan perhatiannya saya haturkan terima kasih.
Hal yang diperhatikan dalam Pidato
Pidato juga harus disampaikan dengan vokal dan artikulasi yang jelas sehingga pendengar dapat menerima pesan dan memahami isi pidato yang disampaikan. Penguasaan materi pidato juga harus dipahami sebagai dasar kita berpidato. Kesiapan mental juga dibutuhkan untuk bisa mengatasi permasalahan-permasalahan yang muncul mendadak.
Beberapa teknik berpidato
Berpidato dengan cara membaca : Cara ini yang sering digunakan banyak orang ketika ditunjuk sebagai orang yang akan berpidato. Membaca pidato juga bisa menjadi cara yang baik dengan persiapan yang lebih matang. Artinya, sebelum waktu kegiatan seseorang sudah tahu bahwa ia ditunjuk untuk berpidato, siapa pendengarnya dan tema apa yang akan disampaikan.
Berpidato dengan menghafal: Kegiatan berpidato ini merupakan sebuah tanda seseorang sudah biasa berpidato. Artinya, naskah yang ia tulis dikuasai dengan cara menghafal dan disampaikan dengan cara yang lebih interaktif kepada pendengarnya. Melalui mimik dan gesture yang lebih kelihatan.
Berpidato dengan Impromtu : Cara berpidato seperti ini hampir serupa dengan pembawa acara. Artinya, hanya garis besar dari pidato ditulis setelah itu berdasarkan pengetahuan yang dimiliki orang tersebut akan menyampaikan pidatonya. Biasanya orang yang berpidato seperti ini memiliki pengetahuan lebih mengenai tema yang akan disampaikannya.
Berpidato langsung/dadakan : kegiatan berpidato ini merupakan sebuah kegiatan dadakan yang dialami seseorang yang memiliki kapasitas pengetahuan, jabatan dan keunggulan dari orang lain. Serta, dianggap memilki keterampilan dalam berbicara. Sehingga ia ditunjuk secara langsung bisa untuk menggantikan atau memang ia adalah orang yang terampil dalam berbicara.
Sekian tulisan mengenai Pidato, contoh pidato, hal yang diperhatikan dan tekhik dalam berpidato semoga uraian sederhana ini dapat menjadi pengetahuan bagi pembaca sekalian.

Demikian lah dan saya ucapkan terima kasih.
Hormat saya,

ADMIN.

No comments:

Post a Comment

loading...
//