Cara Menjadi Pintar Melalui Google - Halley Kawistoro

Latest

Blog Pribadi Sebagai Sarana Informasi mengenai Bahasa Indonesia Berupa Karya sastra Puisi Dan Cerita Pendek. Serta Berbagi Informasi dunia Pendidikan, Umum, kesehatan dan Berita.

07 January 2018

Cara Menjadi Pintar Melalui Google

Cara Menjadi Pintar Melalui Google

Oleh : Halley Kawistoro

Salam hangat dan hormat kepada pengunjung sekalian

Kemajuan dunia digital membawa kita semua ke wilayah nyaman. Kenyamanan yang didapat melalui segala kebutuhan manusia yang tersedia dalam dunia Internet. Internet yang memiliki kesederhanaan makna berupa “ Segala Bentuk komunikasi yang terhubung satu sama lain melalui transmision control protocol. Dengan kata lain menhubungkan antara manusi/pengguna yang menggunakan Alat penghubung yang sama Yaitu KOMPUTER”

Dunia pendidikan kian terbantu dengan munculnya seorang “alat” yang bisa menjawab segala pertanyaan? Kenapa seperti itu? jawabannya telah dijawab oleh semua pakar/ orang yang ahli dan paham akan suatu bidang tertentu. Jawabannya dikumpulkan dalam sebuah data yang menjadi satu melalui mesin Pencarian “GOOGLE”.

Mesin pencari ini menjadi kian sakral dan akrab di pemahaman pengguna internet. Google semakin dipercaya sebagai mesin pencari yang meletakkan sebuah informasi dengan tepat dan akurat.

Kepercayaan pengguna internet dengan pengetahuan yang semakin berkembang dan haus akan informasi menjadikan google sebagai guru alternatif bagi penggunanya. Beberapa tema dibawah ini sering menggunakan google sebagai guru untuk sebuah jawaban yang tepat.

1. Ilmu pengetahuan

Pengguna internet dan alat yang berbasis komputer. Seperti laptop, notebook, android, smartphone dan handhone. Menjadikan google sebagai sumber ilmu.  Ilmu yang dikategorikan adalah Informasi baru, saat itu, ketika dibutuhkan, dan sesuai keadaan kebutuhan dari pengguna atau pencari informasinya.

Informasi yang didapat menggunakan Kata Kunci dalam proses menemukannya. Saat kita membutuhkan informasi? Maka tanpa sadar kita akan menggunakan google untuk dasar pemahaman pertama akan sebuah Informasi.

Contoh:           a. Seorang ibu yang sedang hamil 3 bulan akan menggunakan kata kunci. “menjaga kehamilan 3 bulan” untuk menambah pengetahuan nya dalam proses kehamilan.        
              B. Seorang siswa sekolah menengah pertama menggunakan google untuk mengerjakan sebuah tugas mapel bahasa indonesia. Tentang karya sastra. Saat itu juga ia akan menggunakan Google dengan kata Kunci “karya sastra, pengertian karya sastra, dan jenis-jenis karya sastra” begitu seterusnya. Berdasarkan informasi yang dibutuhkannya.

Dua contoh di atas hanya sebuah gambaran akan pentingnya google sebagai perantara untuk mencari ilmu pengetahuan sesuai kebutuhan dan keadaan.

2. Teks petunjuk dan tutorial

Pemilihan tema teks petunjuk penulis defenisikan sebagai sebuah informasi untuk membantu manusia dalam melakukan kegiatan yang menjadi tanggung jawabnya selain dari menambah pengetahuan.

Contoh :          a. Pria bernama, Pak Ingin. Hendak mencari informasi berupa Cara memasang kabel Listrik dikarenakan ia hendak memasang instalasi listrik di rumahnya. Pemilihan kata kunci “Cara memasang kabel listrik” akan mengantarkan Pak Ingin ke sebuah web yang memberikan petunjuk berupa teks, foto dan video.

                        b. Seorang Wanita bernama Siti hendak berdagang Pecel? Keinginan siti yang tidak atau kurang yakin dengan kemampuan nya dalam membuat pecel. Mengantarkan Siti ke Google dengan Kata Kunci “ Cara membuat pecel yang enak”.
Dari dua contoh di atas menunjukan tema “Teks petunjuk atau Tutorial menjadi sebuah tren dan kebutuhan yang mendasar akan sebuah tuntutan untuk menambah informasi yang bisa membantu dan menguntungkan penggunanya.

3. Tempat

Kategori tema ‘Tempat’ penulis kategorikan sebagai sebuah kebiasaan menghubungkan Google dan penggunanya. Kebiasaan manusia untuk mencari sebuah tempat dalam memenuhi kebutuhan. Secara tidak sadar pengguna mencari sebuah tempat dengan ragam kebutuhan.

Contoh:           a. Seorang ibu yang hendak melahirkan dengan keadaan yang mengkhawatirkan, saat itu juga sang suami peduli dan menghubungi google untuk sebuah kata kunci “ Rumah sakit terdekat” Pemilihan kata kunci juga disesuaikan dengan keadaan yang terjadi.

                        b. seoarang ibu yang ingin mengajak anaknya untuk liburan akan mengantarkan nya kepada google untuk membantu ibu tersebut dengan kata kunci “ tempat liburan bagus”. Kata kunci juga disesuaikan dengan pengetahuan si ibu.
Tema ‘tempat’ juga dibantu denga  Google maps yang berfungsi untuk membantu seseorang dalam menemukan sebuah tempat.
Google

Selain dari itu pengguna internet juga mencari informasi dengan tema-tema lainnya. Korelasi hubungan judul tulisan ini adalah pengguna yang cerdas akan menjadikan hobi dan kegiatanya untuk menuai keuntungan. Selain itu juga, Pengguna akan menjadi Pintar/berpengalaman dalam ilmu pengetahuannya untuk kalangan sendiri ataupun berkelompok.

Pintar dalam tulisan sederhana ini adalah ketika penggunaan internet terutama mesin pencari Google memberikan informasi yang tepat, dan dibutuhkan kejelian khusus  penggunaan google sebagai mesin pencari yang sangat membantu pemenuhan Informasi.

Kepintaran seseorang juga terlihat ketika pemanfaatan Google sebagai mesin pencari digunakan saat sesuai dengan kebutuhan akan sebuah ilmu dan Informasi. Kepintaran yang didapat dalam penggunaan internet menjadi sebuah pertanda pemanfaatn google sebagai mesin pencari yang terpercaya.

Sekian beberapa hal yang bisa membuat anda menjadi pribadi yang pintar.baik dalam mendapatkan Informasi maupun pintar dalam penggunaan nya sehari-hari
Hormat saya,


penulis

No comments:

Post a Comment

loading...
//