Contoh Dan Mengenal Teks Laporan Hasil Observasi Untuk Siswa Kelas 7

Contoh Dan Mengenal Teks Laporan hasil Observasi Untuk Siswa Kelas 7
Mata Pelajaran Bahasa Indonesia mengalami perubahan yang sangat signifikan dalam materi pembelajaran. Peran bahasa menjadi sangat sentral untuk menyambut perubahan-perubahan di abad 21. Tulisan ini akan memberikan sedikit gambaran dasar materi pembelajaran untuk Siswa SMP kelas 7 Semester satu.
Dalam kegiatan pembelajaran bahasa indonesia siswa diajarkan mengenali macam-macam jenis teks. Salah satunya adalah Teks Hasil Laporan Observasi. Pengertian Teks dalam glosarium buku Bahasa Indonesia yang diterbitkan oleh Kementerian Pendidikan dan kebudayaan tahun 2014 adalah Teks= Naskah yang berupa kata-kata asli dari pengarang ; kutipan dari kitab suci untuk pangkal ajaran atau alasan ; bahan tertulis untuk dasar memberikan pelajaran, berpidato dan sebagainya.
Apa Itu teks ?
Penulis sederhakan saja teks adalah kata-kata yang ditulis berdasarkan sumber atau keilmuan yang menjadi dasar untuk melakukan kegiatan baik lisan atau tulisan. Dengan kata lain, teks merupakan sebuah tulisan yang berdasar keilmuan atau memiliki nilai tertentu sesuai kadaan atau kebutuhan untuk digunakan lagi di kemudian hari.
Dunia pendidikan indonesia tentu mengenal contoh teks yang memiliki nilai; setiap senin pagi pembina upacara membacakan Teks Pancasila. Teks ini merupakan sebuah gambaran hasil tulisan yang dijadikan pelajaran dalam dunia pendidikan. Memiliki nilai dan dijadikan acuan negara dalam berkehidupan.
Berdasarkan keyakinan atau kepercayaan pun teks dijadikan pemahaman lisan yang disampaikan kepada orang lain berdasarkan keilmuan dan kemampuan penyampaian dari seseorang yang lebih tinggi status atau dipercaya untuk menyampaikan nya. Setiap agama pun punya kitab-kitab suci yang kata-kata atau tulisan teks nya diambil untuk menjadi dasar dalam penyampaiannya.
Laporan hasil Observasi
Salah satu informasi yang disampaikan melalui huruf atau angka-angka dengan kerangka yang runut kita definisikan sebagai Laporan. Sedangkan, sebuah kegiatan untuk mengamati suatu peristiwa; keadaan tertentu; mengumpulkan informasi dasar; menyimpulkan suatu pemahaman dan merangkai nya menjadi sebuah teks atau data yang dibutuhkan oleh orang lain baik itu secara formal atau non-formal disebut dengan hasil obsesrvasi.
Secara satu kesatuan laporan hasil observasi bisa dikatakan sebagai sajian teks atau data menggunakan media tertentu untuk disampaikan kepada orang lain nya sebagai sebuah kegiatan yang terukur pencapaiannya atau bisa dipahami.
Berdasarkan uraian diatas yang sederhana saya sampaikan sebagai penulis. Pembaca yang membutuhkan pemahaman yang lebih mudah agar mengerti baik peserta didik atau pun rekan-rekan guru bahasa Indonesia. Adapun kekurangan atau menyimpang silahkan di bandingkan dengan keilmuan ahli pendidikan dan bahasa yang menjadi pegangan anda semua.
Selanjutnya, penulis beritahukan kegiatan menulis teks laporan hasil observasi merupakan kegiatan materi pembelajaran untuk peserta didik Sekolah Menengah Pertama Kelas 7 semester 1. Dalam pembelajaran berdasarkan buku siswa materi sudah diarahkan  kepada sebuah tema yang memudahkan siswa untuk memahami yaitu Cinta Lingkungan.
Secara sederhana peserta didik diarahkan untuk membuat sebuah deskripsi dan mengidentifikasi Ide pokok. Berdasarkan struktur teks laporan hasil observasi dibagi menjadi tiga yaitu; Definisi umum, Definisi bagian dan Definisi Manfaat.
Contoh Teks Laporan Hasil Observasi mengenai sekolah.
Lingkungan smp negeri 28 Kabupaten Tebo
Oleh : Halley Kawistoro
Lingkungan merupakan sebuah tempat yang dinaungi oleh beragam makhluk hidup. Sekolah salah satu jenis lingkungan yang terbentuk dan dibuat untuk sebuah tujuan tertentu. Sekolah menengah pertama (SMP) Negeri 28 Kabupaten tebo merupakan sebuah satuan pendidikan yang berdiri tahun 2005 dan disahkan oleh kepemimpinan bupati Madjid Muaz. Peserta didiknya berasal dari empat desa sekitar yaitu; semabu, teluk pandak, dusun tengah dan mangun jayo. Sekolah yang beralamat di jalan samping polres tebo desa semabu merupakan bentuk keinginan masyarakat yang membutuhkan sarana menerima pendidikan formal yang ingin memudahkan anak-anak dari wilayah tersebut untu belajar.
Jarak yang jauh antara satu desa degan desa lainnya serta keadaan geografis yang dipersulit oleh adanya sungai membuat smp negeri 28 didirikan ditengah tengah wilayah keempat desa tersebut. Rata-rata peserta didik nya menempuh lebih dari 2 km. Baik menggunakan transportasi penyebrangan perahu yang dilanjutkan dengan berjalan kaki. Saat ini, kehadiran sarana teranportasi yang dimiliki orang tua juga sangat membantu mengantarkan anaknya belajar di smp negeri 28 Kabupaten tebo. Perbedaan latar belakang masyarakat juga bisa menyulitkan pembelajaran dikarenakan ada stigma negatif yang tertanam oleh budaya masing-masing desa. Menyebabkan terjadinya gesekan antara peserta didik. Namun itu semu bukan halangan bagi lingkungan sekolah untuk menyelesaikannya. Beragam  asal tenaga pengajar/guru memberikan warna tersendiri bagi lingkungan sekolah. Sehingga pandangan negatif bisa diredam berdasarkan keragaman.
Keadaan-keadaan yang membentuk lingkungan sebuah sekolah khususnya di smp negeri 28 kabupaten tebo sebenarnya masalah klasik yang akan luruh dengan sendirinya. Setelah smp ini berdiri tingkat pendidikan masyarakat desa pun mulai meningkat. Dahulunya orang tua hanya menempuh atau bersekolah sampai sekolah dasar dan putus sekolah. Saat ini, masyarakat sudah mendapat pemahaman pentingnya pendidikan dan tingkat pendidikan masyarakat sudah sampai pada jenjang menengah atas. Berjalannya waktu dan banyaknya kelulusan peserta didik di smp negeri 28. Mengarahkan lingkungan sekolah yang nyaman dan dipercaya masyarakat untuk menempuh pendidikan di kabupaten tebo provinsi jambi. Serta mampu dipercaya masyarakat menitipkan anak-anaknya untuk meraih pendidikan yang lebih tinggi dan menciptakan masyarakat berpendidikan. (hk)
------------------------------------------------------------------------------------------
Contoh diatas merupakan teks yang bisa diklasifikasikan sebagai laporan hasil observasi. Secara struktur teks yang dibagi menjadi tiga bagian yaitu; Defenisi umum, Defenisi bagian dan defenisi manfaat.
Teks contoh yang penulis bagikan sengaja dibagi menjadi tiga bagian agar anda semua lebih mudah memahami dan membagi struktur bagian teks laporan hasil observasi.
Paragraf pertama teks berisi pengertian umum atau menjadi gagasan utama teks menyeluruh. Memberikan informasi awal yang bersifat umum. Paragraf pertama berisi tentang pengertian lingkungan Sekolah SMP Negeri 28 Kabupaten Tebo.
Selanjutnya, paragraf kedua yang merupakan defenisi bagian menjelaskan kembali gagasan pada defenisi awal. Maksudnya, paragraf kedua mengulas kembali secara lebih luas tentang gagasan dari teks itu sendiri.
Terakhir paragaraf ketiga menjadi defenisi manfaat yang berarti sebuah teks memiliki manfaat atau kesimpulan bagi pembacanya untuk menemukan informasi yang dibutuhkan. Paragraf ketiga juga menjadi penutup teks contoh diatas.
Secara sederhana paragraf diatas membagi sebuah Teks menjadi tiga bagian secara umum yaitu Paragraf Pembuka, Paragraf Penjelas dan Paragraf manfaat dan kesimpulan yang dimaknai sebagai DEFENISI
Semoga uraian dari saya bisa dipahami bagaimana mengenali Teks hasil observasi kepada diri sendiri dan peserta didik.

Hormat saya,

Penulis.

Subscribe to receive free email updates: