Manfaat Dan Menjaga Kesehatan Dengan Pengobatan Alami - Halley Kawistoro

Latest

Blog Pribadi Sebagai Sarana Informasi mengenai Bahasa Indonesia Berupa Karya sastra Puisi Dan Cerita Pendek. Serta Berbagi Informasi dunia Pendidikan, Umum, kesehatan dan Berita.

30 September 2017

Manfaat Dan Menjaga Kesehatan Dengan Pengobatan Alami

Salam Hangat Dan Hormat 
Kepada pembaca dan pengunjung sekalian
Manfaat Dan Menjaga Kesehatan Dengan Pengobatan Alami
Oleh : Halley Kawistoro
Kesehatan adalah sebuah nilai yang tak terhingga untuk makhluk hidup terutama kita sebagai manusia. Kecanggihan teknologi berperan serta membentuk pola pemikiran dalam dunia kesehatan.
Kesehatan sejatinya sebuah kondisi atau keadaan tubuh yang netral dan berjalan secara benar dan baik. Keadaan tersebut merupakan sebuah sistem yang terbentuk secara terorganisir dimulai dari sel sampai ke organ tubuh. Kesehatan yang penulis maksud adalah keadaan dimana sejak manusia dilahirkan tanpa kelainan anggota tubuh baik di dalam dan luar. Sebuah keadaan yang ditandai dengan melemahnya kekebalan tubuh dan Keadaan dimana sistem tubuh tidak berjalan seperti biasa dan mengalami kelainan oleh hal-hal di dalam tubuh menyebabkan seseorang menjadi sakit. Keadaan yang dikenal dengan istilah Sakit inilah yang harus dihindari seseorang. Penyebabnya bisa dikarenakan sistem kekebalan tubuh yang berkurang, Serangan Virus. Berkembangnya bakteri jahat atau paparan radikal bebas yang terus menerus sehingga sel mengalami perubahan genetis. Keterbatasan penulis dalam memaparkan pengertian di atas agar bisa anda pahami dengan mencari referensi yang lebih akurat ke situs lainnya.
Menjaga kesehatan tubuh bisa dilakukan dengan cara alami. Kegiatan ini sudah dikenal oleh generasi terdahulu di masyarakat indonesia. Banyak cerita turun temurun tentang pentingnya pengobatan alami. Penulis sedikit menjelaskan “pengobatan alami” Adalah semua manfaat untuk kesehatan yang berasal dari alam seperti tumbuhan atau hewan. Alami juga bisa berarti semua yang bisa diambil atau digunakan yang berasal dari Alam. Tentu kita kerucutkan pada Tumbuh-tumbuhan. Keanekaragaman hayati terutama tumbuhan sudah bisa di ambil manfaat nya. Tumbuhan selain mengandung vitamin dan sebagai sumber energi serat. Ternyata, mengandung zat-zat yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh.
Tumbuhan yang menghasilkan buah tentu menjadi penyumbang besar bagi manusia dalam memenuhhi kebutuhan vitamin. Buah yang berwarna dan memiliki beragam rasa juga diambil manfaatnya sebagai penghasil vitamin terbaik. Tidak hanya jenis buah. Alam juga menyediakan jenis sayur-sayuran yang mengandung banyak vitamin. Berikut ini buah dan sayuran dari alam yang mengandung Vitamin dan bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh.
Vitamin A bisa didapatkan dari makanan contohnya wortel pisang dan pepaya.
Vitamin B bisa didapatkan dari sayur-sayuran yang berwarna hijau
Vitamin C bisa didapatkan dari buah-buahan seperti jeruk dan apel
Vitamin D bisa didapatkan dari sawi-sawian hijau dan bayam
Vitamin E bisa didapatkan dari brokoli dan tomat.
Vitamin K bisa didapatkan dari sayuran yang segar atau lalapan sayur.
Selain itu buah atau sayuran juga mengandung serat yang sangat baik dan bagus juga bermanfaat untuk kesehatan. Artinya, serat yang tercukupi akan membantu proses pencernaan dan menjaga kesehata organ-organ pencernaan tubuh Seperti; lambung, usus besar dan kecil juga melancarkan pembuangan sisa-sisa makanan.
Zat lain-lainya yang terkandung dalam buah-buahan dan sayuran juga bermanfaat seperti zat besi. Jenis tumbuhan juga tidak hanya buah dan sayuran yang bisa dikonsumsi dan memiliki manfaat. Ada juga Daun-daunan dari pohon atau jenis akar dari tumbuhan yang bisa dijadikan obat-obatan.
Di Bawah ini ada beberapa hal yang penulis gunakan sebagai cara menjaga kesehatan dan mengobati tubuh yang sakit.
Buah
Buah belimbing bisa digunakan untuk menurunkan kadar kolesterol dalam darah yang berlebih. Agar mudah bisa dinikmati dengan cara dibuat menjadi jus
Buah Pepaya bisa digunakan sebagai cara untuk melancarkan pencernaan bila dikonsumsi secara rutin.
Buah apel, mangga dan jeruk dengan kandungan vitamin c nya yang banyak bisa dinikmati untuk menjaga stamina tubuh dalam beraktivitas sehari-hari. Dan masih banyak buah yang lainnya.
Jenis Umbi-umbian / Akar
Kunyit biasa saya gunakan sebagai obat untuk menghilangkan rasa mual. Cara membuatnya sederhana. Ambil satu ruas kunyit. Lalu kupas kulitnya, kemudian diparut dan dicampur dengan 50 ml air. Dilanjutkan dengan mengambil sari nya. Dan campurkan sedikit saja garam ( sekedar nya saja). Setelah itu semua minumlah air perasan kunyit tersebut. Efek samping jangan digunakan oleh penderita gangguan ginjal.
Bawang putih bisa digunakan untuk menambah kekebalan imunitas tubuh dengan cara sederhana yaitu ambil setengah siung dan dikupas lalu langsung anda kunyah. (memang tidak enak tapi berkhasiat). Efek samping jangan sering dilakukan karena bisa merusak gigi.
Jahe biasa digunakan untuk meredakan dan meringankan gangguan tenggorokan dengan cara ambil satu ruas jahe yang dikupas lalu dikunyah. Buang ampas kunyahannya. Atau jahe merah yang dikupas lalu dipotong-potong seduh dengan air panas. Minumlah selagi hangat. Baik dikonsumsi rutin tanpa efek samping.
Jenis Daun-daunan
Daun Sirsak terkenal dengan khasiatnya menurunkan kolesterol dan darah tinggi. Ambil beberapa helai daun. Rebus dengan air 150ml dan bersisa menjadi 50 ml. Atau berlaku kelipatan tiga. Misal 300 ml menjadi 100ml. Jumlah daun juga secukupny ambil bilangan ganjil. 3, 7 dan 9. Minum air rebusan daun tersebut secara rutin sebelum tidur. Akan terasa Khasiatnya dan hentikan bila sudah terasa baik dan enak. Efek sampingnya kalau berlebihan akan menyebabkan darah rendah.
Daun pepaya selain buahnya juga bermanfaat untuk melancarkan pencernaan dan menjaga kesehatan usus anda. Juga bisa menurunkan darah tinggi. Cara mengkonsumsinya cukup direbus bisa dijadikan Lalapan atau ambil kandungan airnya untuk diminum.
Saatnya kita semua mengambil manfaat dari apa yang telah diberikan oleh alam. Semua penyakit ada obatnya yakinlah. Hal terpenting adalah pedulilah terhadap kesehatan kita. Uraian diatas bisa dijadikan bahan pengetahuan dan dasar anda melakukan pengobatan secara alami yang berasal dari tumbuh-tumbuhan. Semoga banyak manfaat yang bisa diambil setelah anda membaca ulasan sederhana saya. Silahkan mencari referensi lain sebagai perbandingan untuk mencegah dan mengobati gangguan kesehatan yang anda alami. Segera konsultasikan dengan orang yang ahli di bidangnya agar menemukan solusi tepat atas masalah yang dialami. Baik secara alam atau kajian medis. Semoga bermanfaat.
Hormat saya,

Penulis

No comments:

Post a Comment

loading...
//