Bulan Muharram Tahun Baru Umat Islam Untuk Perubahan - Halley Kawistoro

Latest

Blog Pribadi Sebagai Sarana Informasi mengenai Bahasa Indonesia Berupa Karya sastra Puisi Dan Cerita Pendek. Serta Berbagi Informasi dunia Pendidikan, Umum, kesehatan dan Berita.

21 September 2017

Bulan Muharram Tahun Baru Umat Islam Untuk Perubahan

Salam Hangat dan Hormat
Kepada pembaca Dan pengunjung
Semoga kita semua dalam keadaan sehat dan selalu berusaha menjadi lebih baik.
Bulan Muharram tahun baru perubahan diri
Oleh halley kawistoro
Alhamdullilah dan barakallah buat kita semua karena masih bisa berjumpa dengan tahun baru umat islam yang ke 1439 H. Sebuah renungan yang bisa kita lakukan di saat ini. Apa yang telah kita lakukan selama perjalanan waktu. Semua kebaikan akan dibalas dengan kebaikan sedangkan perbuatan buruk akan dibalas dengan keburukan.
Tahun baru ini merupakan tahun penanggalan hijriah yang terjadi pada jaman kepemimpinan Khalifah Umar bin khattab. Sejak kepemimpinan beliau mulai digunakanlah penanggalan Hijriah dan kita selaku umat menggunakannya sampai saat ini.
Muharram
Tahun baru ini dimulai pada tanggal 1 bulan muharram penanggalan Hijriah. Bulan muharram lebih familliar dengan ibadah puasa nya yaitu pada hari Asyyura. Muharram juga merupakan bulan keadilan karena pada masanya umat dan tentunya kaum muslim diberi kemenangan dan bersinar dengan gemilang yang desrtai dengan ketabahan, keteguhan jiwa pada saat itu.
Indonesia merupakan salah satu negara terbesar yang berpenduduk muslim. Saat pergantian tahun inilah, mestinya sering diadakan kegiatan-kegiatan yang bernuansa islami dan dukungan-dukungan Pemerintah, lembaga, organisasi  dan diri sendiri. Kegiatan tersebut tentunya bukan mencari siapa pemenangnya atau siapa yang lebih baik. kegiatan seperti apa? Lomba yang menghasilkan juara? Seorang juara atau pemenang bukan berarti menghalakan semua cara.  Kegiatan atau perlombaan yang islami tentu harus dengan cara yang sama juga. Ada nilai-nilai yang terkandung dalam kegiatan tersebut. Dengan kata lain, jadi pemenang tentu harus punya kriteria yang unggul dari lainny. Pemimpin yang selalu mencukupi kebutuhan keluarga nya serta umatnya bisa jadi conto yang perlu diteladani. Tentunya sudah sangat minim di jaman ini.
Pada masa khalifah umar banyak pesan yang ingin disampaikannya. Keteladanannya menjadi sebuah contoh kita memperingati bulan muharram. Selain itu, kembali kepada sosok junjungan yang kita hormati adalah Nabi Muhammad SAW yang sampai akhir hayatnya masih ingat dengan keadaan umatnya. Bisa juga seperti Uwais al qorni yang menjadi teladan bagi kaum muda untuk selalu menghormati orangtua nya terutama ibu. Namanya sampai ke langit karena cinta kasih nya terhadap orang tua.
Selain kegiatan atau keteladanan yang penulis sampaikan di atas. Awal Bulan Hijriah ini juga merupakan ajang toleransi dimana Nabi Muhammad SAW memberikan toleransi nya kepada bangsa lain yang memperingati hari yang sama yaitu pada tanggal sepuluh muharram. Nabi pun menyerukan untuk berpuasa pada tanggal 10 muharram nanti dan ditambahkan tanggal sebelumnya.
Banyak hal yang bisa kita petik mengenai Tahun baru islam ini. Tahun baru yang Ke 1439 Hijriah Menjadi sebuah renungan untuk bisa dilakukan oleh diri sendiri khususnya. Kita ingat apa yang telah kita lakukan selama satu tahun kebelakang dan apa yang akan kita lakukan untuk menjadi manusia yang menegakkan sendi-sendi beragama, menjalankan ibadah nya tepat waktu dan tidak mengganggu yang lainnya. Resolusi peringatan tahun baru islam ini menjadi tugas individual kita untuk menjadi manusia yang baik dan beriman.
Segala hiruk pikuk yang terjadi memang membuat hati menjadi miris. Tragedi kemanusiaan yang terjadi terhadap saudara-saudari kita yang seiman. Bergelimpangan Ny*wa manusia yang tak berharga. Alasan yang sederhana menganggap kita sebagai Tero*ris. Namun, selaku saudara seiman selayaknya kita mendoakan. Mendoakan adalah tindakan kecil yang berdampak besar. “Semoga semua berakhir damai dan dibalaslah apa perbuatan yang mereka lakukan”.
Penulis Juga pertama-tama mengajak diri pribadinya sendiri untuk menjadi manusia yang bermanfaat dalam semua hal. Walaupun terkadang perbuatan saya tidak berdampak besar dan merasa dikecilkan. Peringatan ini juga menjadi waktu yang tepat untuk kita mengangkat kedua belah tangan dengan berdoa. Contoh kita merangkai janji dan doa untuk gambaran apa yang harus dilakukan tahun depan sebagai berikut:  1) Aku ingin menjadi seorang suami yang bertanggung jawab (2) aku ingin membahagiakan orang tua. Dan aku ingin jadi anak-anak yang saleh dan berbakti. Itulah contoh baik untuk memperingati sebuah momen Tahun baru secara islami sebagai perbandingan ke depannya. Selamat Tahun baru 1439 Hijriah
Mohon maaf apabila banyak kekurangan dan kesalahan dalam penulisan saya.
Adapun tulisan-tulisan yang anda bisa nikmati diantaranya sebagai berikut.


 










Melalui semangat tahun baru Semoga kita memaafkan masa lalu dan meraih masa depan lebih baik dengan menjadi manusia yang bermanfaat.
Hormat Saya

Penulis

No comments:

Post a Comment

loading...
//