Cara Menulis Untuk Blogger Pemula - Halley Kawistoro

Latest

Blog Pribadi Sebagai Sarana Informasi mengenai Bahasa Indonesia Berupa Karya sastra Puisi Dan Cerita Pendek. Serta Berbagi Informasi dunia Pendidikan, Umum, kesehatan dan Berita.

21 August 2017

Cara Menulis Untuk Blogger Pemula

Cara Menulis Untuk Blogger Pemula

Salam Berbagi.

kali ini penulis yang berkesempatan ingin membagikan sebuah artikel informasi yang suatu ketika akan anda butuhkan dalam menyampaikan isi pikiran lewat MENULIS.

Setiap orang dilahirkan berbeda dalam beragam aspek. Secara lahiriah kita hanya dibedakan melalui jenis kelamin. Ya, pria dan wanita. Untuk aspek lain nya penulis tidak akan membahas nya dikarenakan akan butuh banyak informasi dari berbagai sumber.

Kita mulai membahas tentang salah satu aspek kebahasaan yang paling kompleks yaitu MENULIS. Pengertian dari berbagai ahli mungkin pembaca telah ketahui dan penulis beranggapan pembaca adalah orang yang memiliki wawasan yang melebihi penulis sendiri miliki.

Menulis bisa kita simpulkan bersama secara sederhana sebagai proses kegiatan menuangkan, menyampaikan ide/gagasan melalui Tulisan. Lalu, kita ambil bersama kata dasar TULIS untuk dimaknai. Tulis kita simpulkan juga bersama sebagai kegiatan melalui Ragam Media,dengan menggunakan bahasa sebagai alat penyampainya.

Dari tulisan di atas ada kata yang bercetak miring yang kita simpulkan juga bersama sebagai tempat kita akan melakukan kegiatan menulis.

Setelah apa yang penulis paparkan tertulis tersebut. Maka, kita bisa simpulkan bersama. Menulis adalah proses kegiatan menuangkan, menyampaikan ide/gagasan melalui ragam media dengan menggunakan Tulisan.

Yang terakhir bisa kita definisikan Tulisan pada ragam media tersebut. Bisa apa saja yang bisa dipahami oleh kita sebagai penulis atau pembaca. Tulisan kita kerucutkan saja yaitu pada huruf dan angka.Setelah kita mendapat pemahaman bersama, marilah kita maknai menulis sebagai sebuah kegiatan.

Menulis Apa yang anda pikirkan? Pembaca pasti masih bertanya. Bagaimana cara kita menulis apa yang kita pikirkan? kenapa kita harus menulis apa yang kita pikirkan?. Sebenarnya di jaman sekarang banyak sekali manfaat menulis Apa yang anda pikirkan.

Pertama, menulis bisa melatih kemampuan otak karena hasil yang berupa tulisan tersebut merupakan proses berfikir manusia. Setiap orang yang menulis tentu memiliki dasar dalam isi tulisan nya. Kapan kita harus menulis? Pertanyaan ini terkadang sangat disepelekan oleh setiap orang. Padahal, ketika seseorang telah menulis. Orang tersebut akan mempertanyakan apa yang ditulisnya itu benar atau tidak. Kenapa penulis tidak menggunakan kata benar atau salah. Karena ketika kita menyandingkan kata benar dan salah maka akan muncul keraguan untuk menulis. Mulai lah menulis dari apa yang anda pikirkan.

Kedua, menulis adalah cara untuk menggambar kan ekspresi atau perasaan. Coba kita hubungkan kegiatan ini dengan karya sastra. Artinya, apa yang kita tulis menggambarkan siapa anda sebenarnya. Dengan pengertian itu, kita bisa mulai untuk tahapan berhati-hati dalam menulis. Maksudnya, bila kita menggunakan bahasa yang menyinggung orang lain, merendahkan orang lain, dan tulisan kita anggap bisa didefinisikan tidak layak untuk dibaca. Maka, jangan kita tulis. Kalaupun, masih ingin dituliskan ada baiknya kita tulis di media kita sendiri yaitu Buku harian dan kita jaga sebagai pengingat. Bila ingin kita bagikan kita perbaiki terlebih dahulu.
Ketiga menulis sebuah proses. Penulis berusaha membagi pengalaman pribadi. Artinya, proses yang dimaksud adalah belajar untuk menulis. Kegiatan menulis bisa dijadikan sebagai proses ketika kita sudah merasakan poin pertama dan kedua pada tulisan diatas. Saat ini, penulis masih terus berproses atau belajar. Dengan maksud, apa yang kita tulis layak untuk dibaca orang lain?

Menulis apa yang anda pikirkan itu sangat mudah. Kemudahan yang kita dapat untuk kegiatan menulis adalah banyak nya sarana pendukung yang bisa kita manfaat kan seperti hp dan laptop. Dimudahkan dengan adanya keyboard. Media tempat kita menulis juga semakin beragam tidak hanya pada secarik kertas dengan menggunakan pena. Media sosial adalah yang penulis maksud.

Ketiga Poin yang penulis buat merupakan gagasan atau ide yang bisa bermanfaat untuk kalian yang ingin mulai menulis. Terutama, menulis pada media blog. Poin tersebut juga akan menjadi dasar saya secara pribadi untuk terus melatih kemampuan dalam menulis. Mulai lah menulis dari apa yang kita pikirkan. Tulislah saat ini juga, baca dan perbaiki. Ketika tulisan anda sudah layak untuk dibaca anda sendiri. Lalu,  bagikanlah kepada orang lain. Penilaian yang netral adalah dari pembaca tulisan kita.

Bila muncul saran ataupun kritikan tentu merupakan hal yang bermanfaat untuk kita melatih kemampuan kita dalam menulis. Mari kita bersama untuk menulis apa yang kita pikirkan dan semoga tulisan kita dapat bermanfaat bagi orang lain.
 “Sesungguh nya manusia yang baik itu adalah manusia yang punya manfaat bagi orang lain”.

Hormat saya
Penulis

Halley Kawistoro.

No comments:

Post a Comment

loading...
//