Contoh Pidato Pelajar Bertema Kemerdekaan 17 Agustus Tingkat SMP Dan SMA - Halley Kawistoro

Latest

Blog Pribadi Sebagai Sarana Informasi mengenai Bahasa Indonesia Berupa Karya sastra Puisi Dan Cerita Pendek. Serta Berbagi Informasi dunia Pendidikan, Umum, kesehatan dan Berita.

31 July 2018

Contoh Pidato Pelajar Bertema Kemerdekaan 17 Agustus Tingkat SMP Dan SMA


Contoh Pidato Pelajar Bertema Kemerdekaan 17 Agustus Tingkat SMP Dan SMA

Berikut ini adalah contoh pidato yang bertema Kemerdekaan 17 Agustus. Selamat Membaca.

Assalamualaikum wr.wb.
Alhamdulillah hirobil alamin, Wassola tuwassala muala asrofil ambiya iwal mursalin waala alihi wasobbihi ajmain [amma ba’du].

    - yang saya hormati kepala sekolah ............................................
    - yang saya hormati bapak / ibu guru serta teman-teman dan adik-adik yang saya cintai

Marilah, kita panjatkan puji syukur atas kehadiran Allah swt atas segala nikmat dan rahmatnya kita bisa berkumpul di Sekolah yang kita cintai ini, dalam rangka memperingati hari kemerdekaan indonesia yang ke 73.

            Seperti yang kita semua tahu bahwa setiap tanggal 17 agustus, bangsa kita merayakan dan memperingati hari kemerdekaannya. Utamanya  dengan mengadakan upacara bendera untuk menaikkan sang saka merah putih dan mengenang jasa para pahlawan yang telah berjuang tanpa mengenal rasa takut dan mengorbankan dirinya, mengusir para penjajah di negeri yang kita cintai ini. Saat ini di masa kemerdekaan kita bisa merasakan dan menikmati kemerdekaan seperti sekarang ini.

            Selaku pelajar, kita haruslah mewarisi sikap cinta tanah air. Hal-hal yang bisa kita lakukan adalah dengan cara sederhana di lingkungan sekolah dan masyarakat. Belajar dengan penuh semangat. Hormat kepada orang tua dan guru. Disiplin dan bertanggung jawab dengan kewajiban yang dimiliki merupakan bentuk kecil rasa cinta tanah air yang kita warisi dari para pejuang yang telah mendahului kita.

            Selanjutnya, selaku pelajar kita semua harus mengisi kemerdekaan dengan melakukan hal-hal positif demi kemajuan bangsa. Jangan hanya pada tanggal 17 agustus saja kita membicarakan semangat persatuan, bela negara dan menghargai jasa para pahlawan. Namun, setiap hari  perkataan dan perbuatan yang kita ucapkan dan lakukan haruslah mencerminkan semua itu. Jika diri kita diliputi cinta tanah air yang besar. Maka, kita akan dapat menunjukkan kepada dunia bahwa negara kita memiliki pelajar dan pemuda/pemudi yang cinta akan tanah airnya, serta menjadi sosok yang akan menjaga negara dengan seluruh kehormatannya. Sehingga takkan ada bangsa lain yang berani mengganggu kedaulatan negara Indonesia.

Saat ini juga negara kita mulai menjadi sasaran negara lain yang iri dan cemburu dengan kekayaan alam dan sumber daya manusia yang melimpah. Berbagai macam cara telah dilakukan oleh mereka yang inigin mengganggu kedaulatan bangsa yang kita cintai ini. Masyarakat kita di adu domba dengan isu SARA ( Suku, Agama, Ras Dan Golongan) yang sering kita lihat dan dengar di media televisi dan media sosial.

Untuk itu, marilah kita bersama-sama menjadi pelajar yang mampu menjadi garda terdepan dalam mengahadapi Hoax dan berita negatif yang muncul di lingkungan kita. Caranya adalah dengan meningkatkan kemampuan literasi dan meningkatkan pengetahuan akan teknologi merupakan bentuk perjuangan yang bisa kita lakukan bersama-sama.

     Marilah mulai saat ini kita bangun semangat dan tekad bersama dalam menjaga kesatuan republik Indonesia. Menjaga dari pihak-pihak yang ingin memecah belah persatuan bangsa.

Sungguh, kemerdekaaan adalah milik kita bersama yang harus kita jaga. Melalui peringatan Hut kemerdekaan pada tanggal 17 agustus merupakan sebuah cara untuk kita bersama mengingat kemerdekaan sebagai bentuk rasa syukur kepada Tuhan dan bentuk ucapan terima kasih kepada para pendahulu kita.

   Demikianlah hal yang dapat saya sampaikan pada kesempatan yang berbahagia ini. Lidah tak bertulang, kata-kata yang dianggap kurang. mohon dimaafkan. Sedikit pantun dari saya. Membeli buah mencari yang bagus. Jangan lupa untuk dibagikan. Saat ini bulan agustus. Mengingat akan Kemerdekaan.
Pergi ke pasar membeli durian. Durian enak, dimakan bersama ketan. Selaku pelajar kita jaga kemerdekaan. Demi Indonesia jaya di masa depan.
Bila ada kata yang kurang berkenan Mohon dimaafkan.
Saya akhiri Pidato ini. wabillah hitaufiq walhidayah.
Merdeka
Merdeka
Merdeka
Wassalammualaikum wr.wb.


Semoga pidato di atas bisa menjadi contoh bagi adik-adik dan rekan-rekan yang membutuhkan Contoh Pidato Bertema Kemerdekaan 17 Agustus.

Hormat Saya,

Penulis

No comments:

Post a Comment

loading...
//