Sembilan Waktu Berdoa Yang Akan Dikabulkan Di Bulan Ramadhan


Sembilan Waktu Berdoa Yang Akan Dikabulkan Di Bulan Ramadhan
Salam Hangat dan Hormat.
Bulan Ramadhan, Bulan Penuh Ampunan. Saat Bulan ini datang Umat Islam Seluruh dunia menyambutnya dengan penuh harapan dan rasa syukur. Banyak hal yang menjadi harapan bagi pemeluk islam saat bulan ini bertamu di setiap rumah.
Sebagai bulan ampunan, bulan Ramadhan menjadi ajang bagi setiap pribadi untuk mengintrospeksi diri dari apa yang telah dilakukannya pada waktu seblumnnya, pribadi lain juga menjadikan bulan ramadhan sebagai saat yang tepat untuk membersihkan diri dari noda-noda kesalahan dan kekhilafan. Selain itu juga, saat bulan ini hadir umat islam di wajibkan untuk memperbanyak ibadah dengan harapan tinggi agar amal ibadahnya diterima dan semua kesalahan dan dosa dapat di ampuni.
Bulan ramadhan juga bisa menjadi ajang bagi umat islam latihan untuk memperbanyak pengetahuan mengenai islam, merasakan bagaimana menjadi oarang yang setiap hari menahan lapar, membiasakan diri untuk bersedekah, dan menjalankan ibadah solat dengan tepat waktu dan lima waktu.
Ucapkan juga rasa syukur. Jika diri anda dapat menjalankan ibadah selama bulan ramadhan tanpa mengalami masalah apapun. Banyak diluar sana, saudara-saudara kita yang tidak dapat melaksanakan ibadah dengan khusyuk dan tenang karena disibukkan dengan urusan dunia yang membebani.
Hal Penting selain memperbanyak ibadah di bulan yang mulia ini adalah dengan banyak memanjatkan doa dengan tujuan apapun itu yang tentunya di awali dengan doa: mohon diampunkan dosa. Manusia adalah makhluk yang tidak pernah luput dari perbuatan dosa.
Sebaik-baiknya manusia juga adalah manusia yang berdoa menundukkan kepala dengan penuh pengharapan agar dosanya diampuni. Jangan sampai menjadi manusia yang sombong dengan ibadah yang telah di lakukan. Banyak pendapat dan tercantum dalam kitab suci Al-Quran pada surah Al-Araf ayat 12 yang berarti : “Aku lebih baik daripada (Adam A.S) Karena aku terbuat dari api dan dia terbuat dari tanah”.
Ayat tersebut menjadi salah satu gambaran sifat sombong adalah sifatnya syeitan. Semoga kita terus menjadi pribadi yang sabar dan rendah hati dengan selalu ingat berdoa di setiap saat dalam kehidupan ini. Untuk itu ada beberapa waktu berdoa yang akan dikabulkan,  tentunya saya ingatkan kembali kepada anda semua pembaca blog ini.
Ada sembilan waktu yang tentunya harus kita ingat untuk berdoa di bulan ramadhan.
Diantaranya sebagai berikut :
1. Berdoa Saat berpuasa : Saat kita melaksanakan ibadah puasa apapun, terutama di bulan Ramadhan jangan lupa untuk berdoa. Saat kita melakukan ibadah puasa, ibadah yang berhubungan langsung dengan Sang Pencipta Allah S.W.T. saat keadaan lapar dan haus. Sesekali panjatkan doa dan semoga doa yang di panjatkan saat itu dikabulkan.
2. Waktu Sahur : Saat kita terbangun dengan niat untuk menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadhan. Tahukah anda? Saat kita melaksanakan Sahur/makan dan minum sebelum puasa, ternyata menajdi salah satu waktu yang mustajab untuk kita memanjatkan doa. Jadi, tidak salahnya saat itu dan kita ingat untuk memanjatkan doa terbaik dengan harapan doa tersebut dikabulkan.
3. Waktu Menjaelang Berbuka : momen buka puasa di bulan ramadhan merupakan saat yang terkadang kita semua terlena. Saat itu, orang yang berpuasa sebagian besar sudah mempersiapkan menu/makanan terbaik, atau berbuka dengan yang manis. Tahukan anda? Saat menjelang berbuka menjadi salah satu waktu yang mustajab untuk memanjatkan doa. Seperti doa-doa orang yang kesusahan dan kelaparan. Dengan niat yang bersih dan tulus, kita semua jangan segan untuk memanjatkan doa terbaik sebelum lupa ketika akan menyatap hidangan yang tersedia di bulan ramadhan.
4. Waktu antara adzan dan iqomat : Seperti kita ketahui bersama seperti dalam penyampaian para ustadz. Ada waktu yang sering di lupakan oleh seorang muslim untuk memanjatkan doanya. Tahukah anda? Salah satu waktu terbaik untuk memanjatkan doa adalah waktu diantara Adzan dan Iqomat. Sesekali bila kita ingat dan melakukan solat ibadah berjamaah di masjid atau musola. Tidak ada salahnya, kita sisipkan doa terbaik kita. Apalagi saat bulan ramaghan dengan harapan doa yang kita panjatkan dapat dikabulkan.
5. Sepertiga malam terakhir : Waktu terbaik untuk memanjatkan doa selanjutnya adalah di saat sepertiga malam terakhir. Nah, saat kita terbangun untuk melakukan ibadah sahur di bulan Ramadahan. Tidak ada salahnya, kita melaksanakan solat malam lainnya seperti tahajud. Saat itu juga kita panjatkan doa terbaik. Sebelum melaksanakan sahur. Bulan ramadhan bisa menjadi momen terbaik umat muslim untuk melaksanakan tahajud dan memanjatkan doa.
6. Saat Adzan :  Saat seruan/ajakan solat wajib, ternyata menjadi waktu yang tepat bagi umat muslim untuk memanjatkan doa.
7. Waktu Sujud dalam Solat   : Solat wajib dan sunah tentunya sering dilakukan saat bulan ramadhan. Kenapa kita bisa lupa untuk berdoa saat gerakan solat yaitu pada waktu sujud. Sebuah gerakan persembahan untuk Tuhan pencipta alam ALLAH S.W.T. Sujud terbaik dan jangan lupa untuk memanjatkan doa terbaik juga. Cobalah lakukan itu dan selalu di ingat agar ibadah solat yang kita lakukan menjadi sangat berharga dengan doa-doa yang di panjatkan.
8. Saat Malam Lailatul Oadar : Malam lailatul Qodar sebagai malam seribu bulan. Dengan hati yang tulus dan ikhlas mengharap ampunan di bulan ramadhan.  Kita cari momen terbaik dengan memanjatkan doa pada malam lailatul qodar. Malam itu biasanya pada hitungan ganjil di sepuluh malam terakhir di bulan ramadhan. Yaitu  malam 21, 23, 25, 27 dan 29. Namun, banyak pendapat yang lebih menekankan pada malam ke 21 di bulan ramadhan. Ada baiknya dan lebih lengkap bila kita juga melakukan itikaf di masjid untuk mendapatkan malam lailatul qodar dan memanjatkan doa istimewa dalam kehidupan dan semakin meningkatkan keimanan dalam beribadah di bulan Ramadhan.
9. Berdoa di hari Jumat dan Saat Hujan Turun:  pada nomor terakhir ini, sering di lupakan dalam kehidupan seorang muslim yang sering di jumpai dalam kehidupannya yaitu untuk memanjatkan doa di hari jumat dan waktu hujan akan turun.

Kesembilan waktu tersebut sebagian besar kita telah ketahui sebagai umat islam. Namun, yang sering kita lupakan adalah untuk meningkatkan ibadah dan keimanan sehingga doa-doa yang dipanjatkan akan menjadi penolong di Akhirat kelak atau menjadi manfaat dalam mengarungi kehidupan yang fana ini.
Semoga Bermanfaat apa yang saya bagikan. Bisa juga anda cari referensinya di situs-situs yang bertema agama/islam. Lebih dan kurang saya mohon maaf. Kepada Allah S.W.T saya mohon ampun. “marhaban yaa Ramadhan”.

Hormat saya

Penulis

Subscribe to receive free email updates: